2.2 Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Hewan berdasarkan jenis makanannya digolongkan menjadi

a)        Hewan pemakan tumbuhan  (herbivora)

Hewan pemakan tumbuhan dinamakan herbivora. Herbivora ada yang makan rerumptan atau daun, contohnya sapi dan kambing. Ada juga herbivora yang makan biji-bijian, contohnya burung merpati, perkutut, dan parkit. Dan ada herbivora yang makan buah-buahan. Contohnya kelelawar dan burung beo.

Herbivora adalah jenis hewan pemakan tumbuhan, hewan ini tentunya bukanlah hewan yang berbahaya. Umumnya hewan ini hidup di daerah tropis yang terdapat tumbuhan hijau. Tumbuh di atasnya, dari tumbuhan-tumbuhan itulah yang menjadi sumber makanan kehidupan mereka. Hewan herbivora ini biasanya merupakan hewan yang akrab ditelinga kita yang dagingnya dapat kita makan, seperti : Sapi, Kambing, Kerbau, Kuda, dan lain-lain.

sapi

b)        Hewan pemakan daging (karnivora)

Hewan pemakan daging disebut karnivora. Hewan karnivor tidak semuanya pemakan daging. Hewan karnivora ada yang memaka serangga. Contoh hewan yang memakan serangga adalah cicak dan katak. Contoh hewan pemakan daging yaitu singa, harimau, burung elang dan hiu.

harimau

c)        Hewan pemakan segalanya (omnivora).

Hewan pemakan segala atau dinamakan omnivora. Omnivora memakan tumbuhan dan daging hewan lain.Contoh omnivora adalah ayam, bebek, dan beruang. Ayam makan jagung, padi, dan juga cacing. Beruang makan ikan dan juga dedaunan.

beruang

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s